7 LIBRARY GRATIS UNTUK MEMBUAT GRAFIK

7 LIBRARY GRATIS UNTUK MEMBUAT SEBUAH GRAFIK


Dalam pembuatan sistem atau aplikasi berbasis web, seringkali diperlukan penyajian data dan laporan dalam bentuk grafik, selain dalam bentuk tabel atau tabular. Penyajian data dalam bentuk grafik memiliki keuntungan antara lain bentuknya yang lebih menarik serta dapat dipahami makna keseluruhan data dengan lebih cepat. Bentuk grafik juga lebih ringkas dibandingkan penyajian data dalam bentuk tabel.

Dalam kaitannya dengan penyajian data dalam bentuk grafik, PHP memiliki kemampuan cukup bagus dalam penanganan dan pembuatan grafik yang dapat disajikan secara langsung di browser (on-the-fly). Kita dapat membuat grafik dengan memanfaatkan fungsi-fungsi penanganan grafik yang disediakan oleh PHP, atau menggunakan berbagai library siap pakai yang dibuat khusus untuk menampilkan data dalam bentuk grafik. Tentunya penggunaan library akan lebih cepat dalam pembuatan aplikasi, karena cukup menguasai bagaimana menggunakan library tersebut.

Saat ini tersedia cukup banyak library PHP yang dibuat untuk menampilkan data dalam bentuk grafik. Dan saya akan share 7 dari banyak library tersebut:

1.pChart

pChart merupakan library berbasis PHP yang sangat handal dalam hal pembuatan grafik. Grafik yang dihasilkan dapat ditampilkan secara langsung di browser, dikirim melalui email atau langsung disertakan dalam file PDF. Pembuatan library pChart ini menggunakan konsep OOP sehingga cukup mudah digunakan. Library yang berlisensi GNU GPL v3 ini mendukung berbagai macam bentuk grafik seperti grafik garis, batang, lingkaran, poligon dan sebagainya. Selain itu, library ini memiliki fitur menarik lainnya yaitu dapat menampilkan bayangan grafik (shadow) dan grafik transparan.


Website Resminya adalah :www.pchart.net

2.JpGraph

JpGraph merupakan library Obyek Oriented untuk membuat grafik dan ditujukan untuk PHP >= 5.1. PHP secara penuh ditulis dengan PHP dan siap digunakan dalam berbagai jenis instalasi PHP (versi CGI, APXS atau CLI). JpGraph memiliki tagline “Most powerfull PHP-driven charts”. Tentunya hal tersebut tidak berlebihan, mengingat begitu banyak fitur-fitur yang dimilikinya. Selain mendukung berbagai jenis grafik, JpGraph juga menghasilkan grafik dengan ukuran yang ringan (rata-rata 2 KB saja). Selain itu juga mendukung alpha blending, drill-down graph, advanced gant-charts, multiple Y-axis dan sebagainya.


website resminya : http://jpgraph.net

3.PHPMyGraph

Library PHPMyGraph dikembangkan oleh Martijn Beulens menggunakan PHP 5. Walaupun tidak banyak jenis grafik yang didukung oleh library ini, namun bisa jadi alternatif bagi kita yang ingin membuat grafik sederhana dan ga mau ribet.



4.LibChart

LibChart mengusung semboyan “Simple PHP chart drawing library”, dimana tetap mempertahankan kesederhanaan dalam penerapannya. LibChart tidak membutuhkan library atau ekstensi tambahan, cukup PHP yang mendukung GD dan FreeType. Jenis diagram yang dapat dibuat dengan LibChart antara lain lingkaran (pie), batang (vertikal dan horizontal) dan garis.


5.PHP/SWF Chart

PHP/SWF Chart menjawab kebutuhan kita yang ingin membuat grafik interaktif dalam bentuk Flash/SWF. Karena hasilnya berupa diagram berbasis Flash/SWF maka untuk menampilkannya, browser yang digunakan harus sudah terinstall plugin Flash Player 10 ke atas. Format data yang “diminta” oleh library ini adalah XML yang dapat dihasilkan dengan berbagai bahasa pemrograman seperti PHP, ASP, JSP, CFML dan Perl. Kelebihan lainnya adalah, library ini mendukung lebih dari 25 jenis grafik untuk menyajikan data secara lebih atraktif.


6.Open Flash Chart 2

Hampir sama dengan library PHP/SWF Chart, library ini juga meng-generate grafik dalam bentuk Flash / SWF. Perbedaannya adalah, Open Flash Chart 2 menggunakan format JSON sebagai inputan datanya. Library yang berlisensi LGPL ini dibangun dengan Actionscript 3 dan dikompilasi dengan Adobe Flex. Salah satu kelebihan dari library ini adalah adanya dukungan (helper) dari berbagai bahasa pemrograman seperti PHP, Perl, Phyton, .NET dan Ruby. Selain itu, grafik yang dihasilkan dapat disimpan dalam bentuk gambar (image) melalui menu klik-kanan pada grafik.



7.Google Chart API

Google Charts menawarkan visualisasi data yang sangat baik, mulai dari jenis grafik yang sederhana hingga kompleks. Google Charts dibangun menggunakan teknologi Javascript dan HTML5/SVG sehingga memiliki kompatibilitas yang sangat baik dengan browser masa kini. Tentu saja, library ini berlisensi terbuka dan dapat diunduh secara gratis. Sumber data dari library ini tidak hanya berasal dari bahasa pemrograman seperti PHP, ASP dan JSP namun juga dapat berasal dari aplikasi Google Spreadsheets, Google Fusion Tables dan pihak ketiga seperti SalesForce.


Sekian postingan saya kali ini, kurang lebihnya mohon disampaikan di kolom komentar. Terima Kasih.
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
8 February 2014 at 11:25 ×

Thanks infonya gan..
Ditunggu kunbalnnya.. sma followback blog saya..
www.ashidiqfaiqq.blogspot.com

Reply
avatar
Blogger
admin
8 February 2014 at 12:13 ×

mantap gan, bermanfaat..
comment back.. sedawai.com

Reply
avatar
WARDIANTO
admin
8 February 2014 at 12:55 ×

nice info,

follow n cmen back oke

Reply
avatar

Komentar yang sopan yah gan :) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment